Kelainan Sistem Saraf Manusia

15.16.00

Adapun kelainan atau gangguan pada sistem saraf manusia beberapa diantaranya, yaitu:
1) Amnesia
Merupakan gangguan pada otak yang disebabkan oleh kecelakaan atau cidera yang menyebabkan trauma pada kepala (geger otak). Penderita amnesia mengalami ketidakmampuan untuk mengingat atau mengenali kejadian yang terjadi dalam suatu periode waktu tertentu. Amnesia bersifat sementara atau permanen tergantung dari seberapa parahnya trauma yang diderita oleh otak.
2) Stroke 
Stroke (Cerebrovascular accident ( CVA ) atau Cerebral apoplexy ), adalah kerusakan otak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah di otak.
3) Meningitis
Meningitis atau radang selaput pelindung sistem saraf pusat (meninges) terjadi karena infeksi dari virus atau bakteri, luka fisik, kanker, atau obat-obatan tertentu.
4) Hidrosefalus 
Hidrosefalus (kepala air) adalah penyakit yang terjadi akibat gangguan aliran cairan di dalam otak (cairan serebro spinal) atau akumulasi cairan serebrospinal dalam ventrikel serebral, ruang subarachnoid, atau ruang subdural. Gangguan itu menyebabkan cairan tersebut bertambah banyak yang selanjutnya akan menekan jaringan otak di sekitarnya, khususnya pusat-pusat saraf yang vital.
5) Parkinson
Merupakan kelainan yang disebabkan karena kekurangan neurotransmiter dopamine pada dasar ganglion. Penderita kelainan ini biasanya sering mengalami tangan gemetaran sewaktu istirahat (tetapi gemetaran itu hilang sewaktu tidur), sulit bergerak atau berjalan karena otot terasa kaku, dan mata sulit untuk berkedip.

0 komentar